Loose Tea or Teabag?

Loose Tea or Teabag?

Gaya hidup minum teh semakin berkembang. Kini teh bukan lagi sekedar minuman penutup setelah makan. Banyak orang semakin sadar tentang manfaat kesehatan dari teh, serta tertarik dengan teh premium dengan berbagai rasa dan campuran buah maupun bunga. Teh premium ini dapat kita jumpai dalam bentuk loose tea maupun teabag. Apakah terdapat perbedaan kualitas dari kedua jenis teh ini, dan manakah yang lebih baik untukmu? Yuk simak pembahasan dari Tea & Co.!

1. Perbedaan umum

Loose tea adalah daun teh kering berukuran besar yang dipilih oleh ahli teh secara segar, lalu disimpan dalam kemasan kedap udara. Sementara itu, teabag yang lebih umum kita temui merupakan teh yang telah diproses dengan mesin sehingga berukuran lebih kecil, lalu dikemas di dalam kantung teh.

2. Rasa dan aroma

Saat diseduh, kedua jenis teh ini menghasilkan karakter rasa dan aroma yang berbeda. Loose tea dapat berinteraksi langsung dengan air seduhan sehingga flavor dan warna aslinya dapat keluar dengan mudah. Teabag tidak akan menghasilkan flavor yang sama karena karakter flavornya dapat hilang selama pemrosesan. Selain itu, jika kamu ingin menambahkan susu, madu, lemon ataupun bahan lain dalam tehmu, sebaiknya gunakan loose tea agar rasa dari tehnya masih terasa dan tidak tertutup oleh campuran bahan lain.

3. Praktis?

Segi lain yang harus kamu ketahui saat memilih antara loose tea dan teabag adalah kepraktisannya. Menyiapkan teh dari teabag tentunya lebih hemat waktu dan mudah. Di sisi lain, jika kamu ingin menyeduh loose tea, kamu perlu menyiapkan lebih banyak waktu dan infuser untuk tehmu. Jadi, pemilihan jenis tehmu sangat bergantung pada waktu yang kamu punya. Jika kamu sedang lebih senggang, cobalah seduh teh dari loose tea untuk merasakan flavor maksimal dari tehmu!

Leave a Comment

Your email address will not be published.