Ternyata, Kamu Bisa Turut Melestarikan Lingkungan Sambil Minum Teh!

Ternyata, Kamu Bisa Turut Melestarikan Lingkungan Sambil Minum Teh!

Halo tea lovers! Apa kamu tau bahwa bulan November adalah bulan yang cukup penting untuk lingkungan? Sebut saja Hari Pohon Sedunia yang dirayakan setiap 21 November. Bukan hanya itu, Indonesia sendiri turut merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November. Bulan ini dipenuhi berbagai reminder tentang pentingnya mencintai lingkungan!
Mungkin melestarikan lingkungan bukan prioritas setiap orang. Sayangnya, kita tidak terlalu memikirkan bagaimana kegiatan kita sehari-hari mempengaruhi lingkungan. Padahal, kita tidak perlu melakukan hal yang sulit untuk melestarikan Bumi. Bahkan dalam kegiatan yang biasa sekalipun, seperti minum teh, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan teatime kamu ramah lingkungan!
Inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk turut melestarikan lingkungan sambil minum teh!

1. Gunakan air secukupnya

Gunakan air secukupnya dalam menyeduh teh. Sederhananya, kamu tidak perlu merebus satu ketel air hanya untuk satu sajian teh. Selain untuk turut menghargai sumber daya air, memanaskan air juga membutuhkan banyak energi, jadi akan lebih baik jika kita cukup menggunakan air seperlunya.

2. Pilih teh loose leaf

Teh dalam kantung teh atau teabag memang lebih praktis, tapi sebenarnya menyeduh teh loose leaf jauh lebih bermanfaat! Dengan memilih teh loose leaf, kamu mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai yaitu teabag. Kebanyakan orang enggan menggunakan teh loose leaf karena harus disaring kembali. Tapi, kamu bisa menyeduhnya sepraktis teh teabag dengan menggunakan infuser yang tepat!
Jika kamu ingin belajar lebih lanjut tentang perbedaan teh loose leaf dan teabag, klik di sini.

3. Jadikan daun teh sisa sebagai kompos

Daun teh yang telah diseduh sebenarnya masih sangat kaya akan nutrisi, dan bisa sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman rumah kamu. Gunakan daun teh sisa sebagai kompos untuk meningkatkan kualitas tanah di halaman rumah atau pot tanaman kamu. Kamu juga bisa menyeduhnya kembali dengan air keran dan menyemprotkannya pada daun tanamanmu.
Ada berbagai manfaat lain dari daun teh sisa, pelajari di sini!

Seperti yang telah kamu lihat, ternyata melestarikan lingkungan tidak sesulit itu. Cukup dengan mengambil langkah kecil dalam rutinitas sehari-hari, kita sudah berkontribusi untuk menyayangi Bumi. Caranya pun sangat menyenangkan karena kita melakukannya sambil minum teh! Have a green teatime!

Leave a Comment

Your email address will not be published.