Tradisi Teatime Khas Indonesia

Tradisi Teatime Khas Indonesia

Halo tea lovers, seperti yang kita pasti sama-sama tau, bulan ini adalah bulan kemerdekaan bangsa kita! Karena itu, kami merasa tepat jika membahas sesuatu yang lebih dekat dengan negara dan tradisi kami. Apa yang membuat negara ini istimewa? Menurut kami, salah satunya adalah keragaman budaya yang ada. Apa kalian tau kalau Indonesia juga kaya akan berbagai tradisi teatime atau minum teh? Sejak pertama kali teh dibudidayakan pada jaman penjajahan Belanda, teh menjadi bagian penting dari rutinitas orang Indonesia. Inilah beberapa tradisi teh dari berbagai bagian negara kita!

1. Tradisi ‘Jayengan’ dari Solo

Orang Solo memiliki alasan unik untuk tradisi ini. Mereka percaya bahwa 1 jenis teh saja tidak bisa mempunyai semua kualitas yang mereka cari. Jadi, mereka memilih mencampurkan beberapa jenis teh untuk menemukan kombinasi yang paling tepat. Sampai sekarang, tradisi ini masih bisa kalian temukan jika berkunjung ke Solo, lho!

Photo by Asedinodotcom

Photo by Kumparandotcom

2. Tradisi ‘Moci’ dari Jawa

‘Moci’ berasal dari kata ‘teh poci’. Sesuai namanya, teh dituang dari poci ke dalam cangkir-cangkir kecil untuk dibagikan. Teh ini dicampur gula batu, bukan gula pasir seperti kita pada umumnya. Ada juga keunikan lain dari tradisi ini: orang yang minum teh tidak diperbolehkan mengaduk! Orang Jawa percaya bahwa dengan demikian, minum teh menjadi lambang kehidupan, yang pahit di awal tapi akan berakhir dengan manis. Jadi, jika kamu ikut serta dalam moci, jangan mengaduk tehnya, ya!

3. Tradisi ‘Nyaneut’ dari Sunda

Apa kalian tau kalau orang Sunda lebih banyak mengonsumsi teh daripada air? Karena teh begitu penting bagi mereka, mereka pun punya festival ‘nyaneut’ setiap tahunnya! Tradisi ini masih dijalani beberapa orang Sunda hingga sekarang. Daun teh berkualitas tinggi diinjak dan diseduh di dalam poci, lalu disajikan dalam batok kelapa sebagai cangkirnya. Setelah itu, batok kelapa harus diputar dua kali dan aroma tehnya dihirup tiga kali sebelum teh boleh diminum. Tehnya juga boleh ditambahkan dengan gula aren.

Photo by Javanews tv

Tradisi manakah yang paling menarik buat kamu?

Yang manapun itu, setiap tradisi punya keunikannya sendiri dan menunjukkan betapa beragamnya negara kita! Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!

Leave a Comment

Your email address will not be published.